Minggu, 28 Februari 2016

SEMANGAT JIWA KORSA DENGAN PADAMU NEGERI



PADAMU NEGERI JIWA RAGA KAMI
Arti sebuah lagu Padamu Negri kami berjanji, Padamu negri kami berbakti, Padamu negri kami mengabdi, Bagimu negri jiwa raga kami.dalam empat baris kalimat pernyataan tersebut setiap dinyanyikan oleh para peserta Siswa Diklatsarmil Menwa Mahawarman dalam acara sebelum memulai segala prosesi kediklatan. Lagu yang diciptakan oleh seorang penyair, almarhum Kusbini.Mungkin niat sang penyair menyajikan lirik lagu yang singkat dan memiliki makna mendalam ini agar mudah diingat, dihafal dan diresapi, dijiwai maknanya oleh setiap Warga Indonesia. Lagu ini dipilih karena lirik lagu Padamu Negeri sangat singkat dan gampang dihafal tapi dengan sarat makna mendalam. Kedalaman makna lagu ini memang terlihat dari tingkat kepadatan liriknya yang penuh makna.
Padamu negeri kami berjanji
Kata janji ini memiliki arti persetujuan antara dua pihak (masing-masing menyatakan kesediaan dan kesanggupan untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu). Selain itu makna janji juga adalah syarat atau ketentuan yang harus dipenuhi.
Berjanji berarti mengucapkan janji menyatakan bersedia dan sanggup untuk berbuat sesuatu (memberi, menolong, datang, dan sebagainya). Dia juga memiliki arti menyanggupi akan menepati apa yang telah dikatakan. Janji yang dimaksud dalam lagu ini adalah janji yang harus dipenuhi, janji dari setiap anak bangsa Indonesia yang ditujukan kepada negerinya, bukan kepada yang lain.
Janji ini lah yang hendaknya dijunjung oleh seluruh siswa Diklatsarmil sebagai sumpah janji untuk mengemban tugas nanti dengan sebaik-baiknya demi kepentingan rakyat dan bangsa. Sehingga dengan serta merta mereka mengartikan rakyat warga itu adalah dirinya sendiri dan keluarga serta kelompoknya untuk dibela kepentingannya lebih dahulu.
Padamu negeri kami berbakti
Berbakti memiliki arti tunduk dan hormat, suatu perbuatan yg menyatakan setia (kasih, hormat, tunduk), misalnya seorang anak kepada orang tuanya. setia sebagaimana seorang Siswa kepada Pendidiknya dan negaranya untuk berusaha berprestasi sebaik-baiknya.
Maka dati itu kata berbakti dalam lirik lagu padamu negeri maknanya adalah bahwa setiap warga negara wajib berbakti kepada bangsa dan negaranya. Setiap Warga Indonesia memiliki kewajiban untuk berbuat sesuatu yang memiliki nilai manfaat, membawa pada perbaikan pada kondisi negeri ini. Makna lagu ini, seharusnya pemerintah bersama-sama rakyatnya saling bergorong-royong, bahu membahu membangun negeri Indonesia dengan kesungguhan.
Padamu negeri kami mengabdi
mengabdi untuk negeri bermakna menghambakan diri untuk kepentingan negeri. Bekerja, berpikir dan berupaya untuk negerinya, menjadikan diri sebagai hamba yang mengabdi dan menjadikan negeri sebagai alamat tempat pengabdian.
Semua Warga bangsa Indonesia sesungguhnya memiliki kewajiban untuk mengabdi demi negerinya dengan upaya terbaiknya. Hal ini seperti yang dicontohkan para pejuang kemerdekaan dulu di mana rakyat bersama-sama dengan pemimpinnya berjuang untuk negeri tanpa kenal pamrih. Mereka tidak meminta bayaran atas perjuangan dan pengabdiannya tersebut, meski terkadang harus mengorbankan jiwanya.
Semangat juang mereka hanya ada tujuan agar negeri ini merdeka dan maju dan berkembang. Ini tentu sangat kontras dengan keadaan jaman sekarang yang sudah pamrih kepada negeri, minta digaji besar, fasilitas lengkap, berada di lingkungan homebase, tapi malah masih mencuri dari negerinya sendiri.
Bagimu negeri jiwa raga kami
Makna lagu ini menyiratkan semangat untuk mengorbankan apa saja demi negerinya, baik itu mengorbankan jiwa dan raga. Itulah perngorbanan yang dicontohkan para pahlawan bangsa. Mereka bergururan demi memperjuangkan kepentingan dan kemerdekaan negerinya tanpa mengharapkan bisa menikmati hasil perjuangannya itu.
Sungguh dalam sebetulnya makna lirik lagu wajib tersebut. Kalau saja Warga Indonesia mau menghayati lagu ini dan mengaplikasikannya, maka kondisi negeri ini akan sudah jauh lebih baik sekarang. Namun sayangnya manusia jaman sekarang banyak yang tak peduli untuk menghayatinya. Banyak yang malah berperilaku kebalikannya.
Mari bersama kita tingkatkan Mutu Pendidikan Indonesia secara berkesinambungan mulai saat ini dan masa depan bersama Layanan Padamu Negeri Indonesiaku.
Maknanya
lagu bagimu negeri
untuk negeri kita rela berkorban
demi bangsa indonesia

                                                      Padamu negeri kami berjanji                                                           Padamu negeri kami berbakti                             Padamu negeri kami mengabdi                             Bagimu negeri jiwa raga kami
                              Pencipta Lirik dan Lagu : Kusbini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar